Home » » Beberapa Contoh Peristiwa Konveksi

Beberapa Contoh Peristiwa Konveksi

(Fisikanesia). Contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.
  1. Pada lemari es, mesin pendinginnya ditempatkan di bagian atas. Mesin pendingin itu berfungsi mendinginkan udara di sekitarnya. Karena udara yang ding in massa jenisnya besar, udara itu turun dan digantikan oleh udara hangat yang naik dari bagian bawah. Demikian hal itu berlangsung secara terus-menerus. Peredaran (sirkulasi) udara itu membawa kalor (energi panas) dari semua makanan yang ada dalam lemari. ltulah sebabnya, makanan yang ada dalam lemari es menjadi dingin.
  2. Udara di sekitar tungku pemanas pada pabrik-pabrik mempunyai suhu yang lebih tinggi daripada suhu udara luar. ltulah sebabnya, asap pabrik dapat naik melalui cerobong-cerobong pabrik.
  3. Pada siang hari, suhu udara di darat lebih tinggi daripada di laut. Hal itu karena kalor jenis tanah (daratan) lebih kecil daripada air laut. Dengan kata lain, daratan lebih cepat panas daripada lautan. Oleh karena itu, terjadilah aliran udara (angin) dari laut ke darat yang disebut angin laut. Aliran udara itu berlangsung dengan cara udara di atas daratan naik kemudian tempatnya diisi oleh udara dingin yang berasal dari laut. Sebaliknya, pada mal am hari suhu udara di permukaan laut lebih tinggi daripada suhu udara di darat. Hal itu terjadi karena air laut lebih lama menahan panas daripada daratan. Keadaan inilah yang menyebabkan terjadinya aliran udara (angin) dari darat ke laut yang disebut angin darat.
  4. Nyala lampu teplok akan lebih terang jika ditutup dengan semprong. Hal ini karena ada aliran udara dari luar masuk ke semprong. Karena udara luar banyak mengandung oksigen, padahal sifat gas oksigen adalah penyelenggara proses pembakaran, terjadilah pembakaran udara di sekitar nyala api. Pembakaran udara luar itulah yang menyebabkan lampu menjadi lebih terang.
Sekian materi tentang Beberapa Contoh Peristiwa Konveksi, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Artikel Terbaru:

Arsip