Home » , » Besaran Massa dan Alat Ukurnya

Besaran Massa dan Alat Ukurnya

(Fisikanesia). Apa itu besaran Massa? Bagaimana cara mengukur massa? Pembahasan kita kali ini untuk menjawab pertanyaan tersebut. Besaran massa adalah salah satu besaran yang termasuk dalam kelompok besaran pokok. Pada pembahasan sebelumnya tentang Besaran Panjang dan Alat Ukurnya, kita telah berhasil menguraikan defenisi besaran panjang dan menguraikan cara mengukur besaran panjang. Maka ada baiknya jika mendefenisikan terlebih dahulu apa itu besaran massa.

Para ilmuwan berpedapat bahwa massa suatu benda menunjukkan banyaknya kandungan zat atau materi dalam benda tersebut. Satuan massa dalam SI adalah kilogram (kg). Massa benda di berbagai tempat selalu sama. Massa satu kilogram di Bulan dan di puncak gunung idak berubah meskipun besar tarikan gravitasinya berbeda.Standar Internasional untuk massa 1 kg adalah sebuah silinder yang terbuat dari campuran logam Platina dan Iridium yang disebut kilogram standar. Standar massa ini masih tersimpan hingga saat ini di Sevres Perancis. Jumlah massa satu kilogram standar sama dengan massa 1 liter air pada suhu 4 derajat Celcius.

Lantas, bagaimana cara mengukur massa? Alat ukur besaran massa adalah neraca. Neraca dilengkapi dengan anak timbangan sebagai pembanding. Beberapa neraca yang banyak digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Neraca Pasar (Neraca Platform)

Jenis neraca ini banyak digunakan di pasar tradisional. Neraca ini digunakan untuk menimbang kebutuhan pokok rumah tangga seperti minyak, gula, sayur mayur, dan lain-lain.Cara menggunakan neraca pasar adalah dengan meletakkan benda yang akan ditimbang di salah satu timbangan. Pada sisi timbangan lainnya, diletakkan beberapa anak timbangan sehingga terjadi posisi yang sama antara kedua sisi timbangan. Apabila posisi timbangan telah seimbang maka massa benda dapat diketahui dengan menghitung jumlah massa anak timbangan di salah satu timbangan.

2. Neraca Analitis

Neraca analitis banyak digunakan oleh penjual emas dan di laboratorium. Cara memakai neraca analitis serupa dengan neraca pasar, yaitu benda yang akan diukur massanya ditelakkan di piring timbangan. Pada piring timbangan lainnya diletakkan anak timbangan sehingga terjadi posisi yang seimbang. Massa benda dapat diketahui dengan menghitung jumlah massa anak timbangan tersebut.

3. Neraca Tiga Lengan

Neraca tiga lengan digunakan untuk menimbang benda-benda di laboratorium dengan batas pengukuran neraca ini adalah 500 gram dan 1.000 gram. Pengukuran massa benda dengan neraca ini mempunyai ketelitian sampai 10 mg. Penggunaannya adalah dengan menggeser-geser penunjuk skala pada tiga lengan sehingga tercapai keseimbangan. Setelah terjadi keseimbangan, kita dapat menentukan massa benda terukur.

4. Neraca Elektronik

Neraca elektronik digunakan untuk menimbang massa benda di laboratorium dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Terdapat timbangan pada bagian atasnya dan nilai massa benda yang dapat dibaca pada tampilan digital.

Sekian tulisan tentang Besaran Massa dan Alat Ukurnya. Silahkan lanjut baca BesaranWaktu dan Alat Ukurnya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Artikel Terbaru:

Arsip