Home » , » Besaran Waktu dan Alat Ukurnya

Besaran Waktu dan Alat Ukurnya

(Fisikanesia). Besaran waktu adalah besaran yang masuk dalam ketegori besaran pokok. Waktu adalah saat berawal sampai berakhir suatu peristiwa. Waktu dapat diukur berdasarkan gerakan yang berulang-ulang, misalnya tetesan air atau ayunan bandul. Alat ukur waktu yang biasa digunakan adalah jam. Seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei (1564 - 1642) adalah orang yang pertama kali menciptakan jam berdasarkan ayunan bandul.

Stopwatch
Sangatlah penting bagi kita untuk menetapkan waktu standar yang sama dan mengukurnya dengan cara yang sama pula. Satuan waktu yang digunakan dengan cara yang sama pula. Satuan waktu yang digunakan hingga saat ini adalah sekon (detik), menit, dan jam. Pada awalnya, para ilmuwan berpendapat bahwa satu sekon sama dengan 1 / 86.400 kali dari rata-rata hari matahari. Akan tetapi, kemudian para ilmuwan menyadari bahwa hari rata-rata matahari berubah dari tahun ke tahun, sehingga tidak cocok dijadikan waktu standar atau tidak memenuhi syarat.

Pada tahun 1967, para ilmuwan menggunakan standar waktu yang tidak dipengaruhi oleh perputaran bumi, yaitu "jam atom". Alat ini mengukur seberapa cepat atom cesium-133 bergetar sehingga ditetapkanlah satu sekon sama dengan selang waktu yang dibutuhkan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengetahui lamanya satu sekon dari alat pengukur waktu seperti jam tangan, jam dinding, dan stoptwatch. Stopwatch adalah alat ukur waktu yang sangat sering digunakan untuk penentapan waktu dalam perlombaan olahraga dan di laboratorium. Ketelitian dari Stopwatch adalah 0,1 detik.

Sekian tulisan tentang Besaran Waktu dan Alat Ukurnya. Silahkan lanjut baca Besaran Suhu dan Alat Ukurnya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Poskan Komentar

Artikel Terbaru:

Arsip