Home » , » Gaya Gesekan: Manfaat dan Kerugiannya

Gaya Gesekan: Manfaat dan Kerugiannya

(Fisikanesia). Setelah sebelumnya kita telah menguraikan materi tentang gaya gesekan, sekarang kita akan memberikan contoh gaya gesekan yang bermanfaat dan merugikan. Dalam kehidupan sehari-hari gaya gesekan dapat memberikan manfaat, tetapi dapat juga merugikan. Contoh gaya gesekan yang bermanfaat adalah sebagai berikut:

  1. Alas kaki sepatu dan sandal dibuat dari bahan karet dan sejenisnya, dan bentuknya dibuat sedemikian rupa sehingga jika dipakai akan menahan pemakainya agar tidak terpeleset
  2. Ban mobil, ban sepeda, dan ban sepeda motor dibuat dari karet dan bentuknya didesain sedemikian rupa sehingga memperbesar gaya gesek antara ban dengan jalan raya yang dibuat kasar.
  3. Rem sepeda, prinsip gaya gesekan juga diterapkan pada rem sepeda. Adanya gesekan antara rem karet dan pelek logam menyebabkan laju sepeda semakin pelan. Prinsip yang sama juga berlaku pada rem motor dan mobil
Dalam hal tertentu, gaya gesekan justru akan mengganggu dan menimbulkan kerugian. Contoh gaya gesekan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  1. Gir roda dan rantai pada sepeda dan motor atau bagian-bagian lain yang sering bergesekan dapat aus atau rusak. Usaha untuk mengurangi gesekan ini bisa dengan memberikan oli atau gemuk sebagai pelumas.
  2. Pada mesin-mesin mobil, sepeda motor, atau mesin di pabrik selalu terjadi gesekan antara bagian-bagian mesin itu sehingga cepat aus atau rusak. Usaha untuk mengurangi gesekan ini bisa dengan memberikan oli sebagai pelumas.
Sekian tulisan tentang Gaya Gesekan: Manfaat dan Kerugiannya. Silahkan lihat uraian materi tentang gaya gesekan di Contoh Gaya: Gaya Gesekan, semoga bermanfaat.

1 comments:

Artikel Terbaru:

Arsip