Home » » Perpindahan Kalor Secara Konduksi

Perpindahan Kalor Secara Konduksi

(Fisikanesia). Apa itu Konduksi? Konduksi adalah salah satu cara kalor berpindah melalui zat atau medium tertentu tanpa disertai perpindahan molekul-molekul zat tersebut. Konduksi biasanya terjadi pada benda padat. Contoh perpidahan kalor secara konduksi dapat dilihat pada peristiwa naiknya suhu sendok ketika mengaduk air panas dalam gelas. Bagaimana sendok bisa panas? Proses ini berlangsung pada perjalanan kalor dari ujung sendok yang dipanaskan ke ujung lainnya. Ketika ujung sendok dipanaskan, molekul sendok bergetar. Molekul yang bergetar ini memindahkan kalor pada molekul lainnya. Akibatnya, molekul yang menerima kalor bergetar sambil meneruskan aliran kalor ke molekul berikutnya, dan begitu seterusnya sampa pada molekul ujung sendok.


Di alam ini terdapat benda-benda yang berfungsi sebagai penghantar kalor yang baik dan terdapat pula benda-benda penghatar kalor yang kurang baik. Benda-benda yang menghantarkan kalor dengan baik disebut konduktor. Logam seperti besi dan aluminium adalah contoh konduktor yang baik. Sebaliknya, benda yang menghatarkan kalor kurang baik disebut isolator. Umumnya benda yang termasuk sebagai isolator adalah semua benda selain logam, seperti kayu dan plastik. Selain itu, air dan udara juga termasuk isolator.

Pada umumnya, zat cair merupakan penghantar yang buruk. Ini merupakan salah satu alasan mengapa air banyak digunakan sebagai pendingin suatu mesin, misalnya mesin mobil menggunakan radiator yang diisi dengan air sebagai pendingin.

Sekian materi tentang Perpindahan Kalor secara Konduksi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru:

Arsip