Home » » Tata Surya: Bumi sebagai Planet

Tata Surya: Bumi sebagai Planet

(Fisikanesia). Bumi adalah salah satu anggota sistem tata surya. Satu-satunya planet (hingga saat ini) yang terdapat kehidupan. Berikut ini profil bumi:

Bentuk Bumi 

Dari hasil penelitian para ahli, diketahui bahwa bentuk bumi tidak bulat sempurna, melainkan pepat. Jari-jari kutub 6.356,775 km lebih pendek dari ekuator 6.378,16 km. Massa bumi  adalah 5,98.1024 kg sedangkan volumenya = 1,083.1021 meter kubik

Gerak Rotasi Bumi

Gerak rotasi bumi adalah gerak bumi mengitari porosnya sendiri. Bumi berotasi dengan arah negatif, yaitu dari arah barat ke timur
Periode rotasi bumi 

Periode rotasi bumi ditentukan dengan gerak atau peredaran bintang, yaitu gerak semu harian sebuah bintang sejati. Bintang sejati berkedudukan tetap di langit. Waktu yang diperlukan bintang dari kulminasi atas sampai kedudukan yang sama pada esok harinya memerlukan waktu 23 jam 56 menit, dengan demikian bumi berotasi memakan waktu 23 jam 56 menit.

Akibat rotasi bumi

Akibat rotasi bumi akan menimbulkan peredaran semu harian benda langit, peristiwa siang malam, perbedaan waktu, pembelokan arah angin, perbedaan gravitasi, kestabilan sumbu bumi, dan pembelokan arus laut.


Revolusi bumi adalah gerak bumi pada orbitnya mengitari matahari. Bidang orbit bumi mengitari matahari disebut ekliptika. Selama berevolusi poros bumi membentuk sudut 23,5° terhadap sumbu vertikal ekliptika. Sudut antara bidang orbit planet lain dengan ekliptika disebut inklinasi. Waktu yang dibutuhkan bumi mengelilingi matahari 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik atau disebut satu tahun sideris, sedangkan arah revolusinya negatif (berlawanan dengan arah jarum jam).

Sekian tulisan tentang Tata Surya: Bumi sebagai Planet, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru:

Arsip